0

Bakar Lemak Tubuh Lebih Banyak dengan Elevated HIIT Cardio

Griyadiet.com – Latihan Cardio adalah cara yang baik untuk membakar lemak, yang sering dilakukan adalah jogging (lari kecil) selama 20-40 menit. Itu memang benar, tapi masih ada teknik lain yang lebih efektif dan efisien, tidak membutuhkan waktu yang lama tetapi memberikan hasil yang memuaskan. Teknik tersebut adalah HIIT (High Intensity Interval Training) yaitu latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Contohnya adalah dengan cara berlari sprint kira-kira 20-30 detik dan diikuti dengan berjalan atau lari-lari kecil selama 60-90 detik tergantung dengan kondisi kebugaran masing-masing.

Bakar Lemak Tubuh dengan HIIT CARDIO

Kenapa HIIT Cardio lebih efektif ? Latihan dengan intensitas tinggi (misalnya sprint) memacu kerja jantung dengan lebih keras sehingga konsumsi oksigenpun meningkat yang berarti metabolisme tubuh juga meningkat sehingga makin banyak lemak yang dipakai untuk pembakaran. Selain metabolisme pada saat kita melakukan latihan yang meningkat, metabolisme pada saat kita beristirahatpun meningkat, hal ini dikenal dengan istilah RMR (Resting Metabolic Rate) atau tingkatan metabolisme pada saat kita berisitrahat selama 24 jam setelah melakukan HIIT terkait dengan EPOC (Excess Post-Exercise Oxygen Consumption) atau jumlah konsumsi oksigen yang berlebih setelah berolahraga ini menyebabkan dibutuhkannya lemak untuk metabolisme tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Laval University membuktikan bahwa, HIIT bisa meningkatan pembakaran lemak sembilan kali lebih tinggi dari pada latihan kardio dengan cara biasa. Anda bisa melakukan program ini menggunakan treadmill yang ada di tempat Fitnes. Berikut ini adalah Rincian dari Elevated HIIT Cardio:

  1. 4 Menit pemanasan speed 4.5-5km
  2. 1.5 Menit jalan cepat speed 6kmh
  3. 1.5 Menit lari speed 8.5-9kmh (ulangi langkah 2 dan 3 sebanyak 3x)
  4. 1 Menit jalan cepat speed 6kmh
  5. 1 Menit lari speed 11-12kmh (atau lebih cepat kalau memang bisa) janga dipaksakan jika tidak sanggup (ulangi langkah 4 dan 5 sebanyak 3x)
  6. 2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5kmh.

Ada beberapa hal yang perlu diingat, jangan melakukan  HIIT Cardio sehabis tidur atau dalam kondisi perut kosong, karena latian ini butuh energi yang banyak. Minimal anda sudah makan 3 jam sebelum melakukan Cardio ini.  Direkomendasikan Mengkonsumsi NRG tea dan Teh Termo untuk penunjang stamina dan pembakaran lemak yang lebih optimal. Semoga bermanfaat,,

Filed in: Info Diet dan Kesehatan Tags: , ,

Get Updates

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2016 Tips Diet Sehat Alami. All rights reserved.